PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNJA ADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI SDN 111/I MUARA BULIAN

0
152
Kepala SDN 111/I Muara Bulian dan TIM Pengabdian PGSD UNJA

Muara Bulian – Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja), mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran guru sekolah dasar di  SDN 111/I Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Kamis (18/06).

Kegiatan tersebut melibatkan kepala sekolah dan seluruh guru SDN 111/I Muara Bulian yang dihadiri sebanyak 13 orang.

Dr. Yantoro, M.Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Unja mengungkapkan bahwa : “kegiatan ini adalah tugas perguruan tinggi, yaitu tri dharma yang harus dilakukan, salah satunya dengan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan implementasi dari kerja sama antara Prodi PGSD FKIP UNJA dengan SDN 111/I Muara Bulian”. Tuturnya.

Pada kegiatan kali ini mengangkat 4 tema yaitu 1). Pelatihan Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk Menunjang Profesi Guru di SDN 111/I Muara Bulian oleh Dr. Yantoro, M.Pd dan Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd 2). Pelatihan Pengelolaan Kelas Kreatif bagi Guru SDN 111/I Muara Bulian Oleh Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I dan Alirmansyah, S.Pd., M.Pd 3). Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Dasar dan Indikator berdasarkan PERMENDIKBUD No 37 tahun 2018 di SDN 111/I Muara Bulian oleh Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si dan Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd 4). Penanaman Nilai Karakter Melalui Sistem Bercocok Tanam Hidroponik di SDN 111/I Muara Bulian oleh Dr. Destrinelli, M.Pd dan Suci Hayati, S.Pd., M.Pd.

Menurut Kepala SDN 111/I Muara Bulian, “Dengan adanya Kegiatan Pengabdian Dosen dari perguruan tinggi tentu sangat bernilai positif, karena dapat memberi penyegaran ilmu pengetahuan bagi guru-guru. Selanjutnya, kegiatan ini hendaknya terus berlanjut setiap tahunnya. Selama kegiatan pengabdian berlangsung peserta juga terlihat sangat antusias.” Ungkapnya.

Penulis : Agung Rimba Kurniawan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here