Mahasiswa Akan Dilibatkan Dalam Penelitian Dosen

0
9737
Salah satu dosen Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi (kiri) sedang melakukan penelitian bersama mahasiswanya.

Muaro Jambi – Mahasiswa bisa ikut terlibat di dalam penelitian dosen  untuk mendapat pengalaman penelitian. Selain itu dengan ikut penelitian dosen mahasiswa juga bisa mendapatkan latar belakang penelitian dalam menyusun skripsinya. Hal ini dijelaskan oleh Drs. Syahrial M.Ed, Ph.D selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kerja Sama dan Sistem Informasi FKIP Universitas Jambi (Unja) kepada Genta FKIP Unja, Selasa (28/11).

“Ada banyak keuntungan mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen, diantaranya memberikan pengalaman penelitian yang nyata bagi mahasiswa, membantu menumbuhkan motivasi sebagai peneliti yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa saat penyusunan skripsi nantinya,” jelasnya kepada Genta FKIP Unja saat ditemui di ruang kerjanya.

Masih kata WD I, selain terbantu dalam penyusunan skripsi, keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam penelitian bisa menjadi poin penilaian akreditasi bagi Prodi karena hasil penelitian akan dipublikasikan dijurnal ilmiah.

“Salah satu penilaian akreditasi prodi yaitu keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam penelitian, karena hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan dan menjadi salah satu penilaian akreditasi”, katanya.

Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D, Wakil Dekan 1 FKIP Bidang Akademik, ,Kerja Sama dan Sitem Informasi saat memberikan sambutan pelatihan TIK.

Mahasiswa yang ingin terlibat dalam penelitian dosen harus sudah mengontrak mata kuliah metodologi penelitian.

“Tidak ada kriteria khusus bagi mahasiswa yang ingin terlibat, semua mahasiswa bisa terlibat asalkan sudah mengontrak mata kuliah Metodologi Penelitian,” tandasnya.

Terkait pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen, kata WD I, FKIP sedang menyusun peraturan akademik tentang keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam penelitian agar bisa diteapkan pada semester genap tahun 2018 mendatang.

“Peraturan akademik sedang dibuat, rencananya akan disahkan awal bulan Desember mendatang dan akan diterapkan mulai semester depan,” pungkasnya.

Reporter: Dewi Yunita, Indah Wijaya, Irfan Dwi, Relian Fernando

Redaktur: Priyanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here